10 PROGRAM

  1. Menemukan kerawanan korupsi dan akar permasalahan korupsi di segenap aspek kehidupan bangsa (Dasa Gatra) melalui kegiatan identifikasi, dengan produk Anatomi Permasalahan Korupsi pada setiap Gatra Kehidupan Bangsa, untuk selanjutnya mendistribusikannya kepada masyarakat luas dan aparat Birokrasi sesuai bidang tugasnya untuk secara bersama-sama mengantisipasi penyelesaian akar permasalahannya.
  2. Mencari Solusi Pemecahan kerawanan korupsi dan akar masalah korupsi dari hasil identifikasi melalui kegiatan-kegiatan: Solusi, antara lain berupa: pengkajian, seminar, lokakarya, studi banding, sehingga ditemukan jalan keluar terbaik yang dituangkan dalam Program-Program Kegiatan Nyata untuk dilaksanakan baik oleh komunitas-komunitas yang ada di dalam masyarakat maupun sebagai masukan bagi Birokrasi.
  3. Membangun Komunitas-komunitas Integritas di masyarakat dan secara bertahap bersama-sama dengan segenap entitas dalam masyarakat dan Birokrasi sehingga mampu melaksanakan pencegahan terhadap kerawanan korupsi dan penangkalan (menangani masalah pada hulu permasalahan) korupsi.
  4. Membantu aparat penegak hukum dalam mengungkapkan korupsi melalui pemberian informasi yang didapatkan dari dalam masyarakat yang benar-benar didukung oleh alat bukti yang kuat dan akurat, serta memberikan advokasi kepada korban dari tindak kesewenang-wenangan oleh pihak ketiga baik melalui jalan musyawarah maupun jalur hukum.
  5. Bekerja sama dengan semua lembaga atau komunitas serta pusat-pusat identifikasi dan solusi yang independen di dalam maupun di luar negeri, guna mendukung pelaksanaan semua kegiatan tersebut diatas.
  6. Menyampaikan Informasi awal kepada masyarakat, Unit-unit Organisasi di dalam masyarakat, maupun organ pemerintahan bila GMPK menemukan gelagat ataupun tanda-tanda (baik Faktor Potensial maupun Hazards) akan terjadinya TPK, untuk dapat diantisipasi bersama agar tidak menimbulkan korban/ kerugian yang lebih besar.
  7. Mencerdaskan (membangun karakter) masyarakat dengan mensosialisasikan pemahaman permasalahan korupsi agar mereka tidak menjadi korban atau menjadi aktor atau berperan serta dalam perbuatan korupsi.
  8. Memetakan hasil identifikasi dan solusi GMPK untuk dikomunikasikan kepada Komunitas-komunitas Masyarakat dan Lembaga-lembaga Pemerintahan yang aktif melakukan kegiatan anti Korupsi, dalam bentuk penentuan skala prioritas guna upaya merehabilitasi akibat korupsi baik secara fisik maupun secara psikis.
  9. Memberikan asistensi bagi yang membutuhkan untuk mencegah dan menangkal terjadinya TPK.
  10. Melaksanakan kegiatan-kegiatan lain sebagai pendukung terhadap kesembilan kegiatan pokok di atas seperti usaha percetakan dan penerbitan hasil identifikasi dan kajian, pendidikan anti korupsi dan lain-lain kegiatan usaha yang sah.

5 Program Andalan

GMPK

Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) memiliki 5 (lima) program andalan yang akan dikedepankan, yaitu :.. Selengkapnya...

Kantor DPP GMPK

Jln. Pemuda No. 6
Gedung Bakamla, Lantai 2
Rawamangun, Pulo Gadung,
Jakarta Timur
Kode Pos 13220
Telp : (021) 22480732
Email: informasi@gmpk.org

Kirim Artikel

Silahkan mengirim artikel anda ke redaksi@gmpk.or.id

Peta Lokasi Kantor

Ke atas